Inilah Proses Terbentuknya Alam Semsta Mulai Dari Big Bang Sampai Manusia

Lahirnya Alam Semesta

rumpibanget.com

Sekitar 14 milyar tahun lalu, terjadi sebuah ledakan luar biasa besar di sebuah titik di alam semesta yang masih kosong, sesuatu yang kita kenal sebagai Big Bang. Ledakan ini melahirkan partikel – partikel pertama di alam semesta dimana sebagian besar adalah atom Hidrogen. Partikel produk Big Bang ini, dengan segala implikasi dari ledakan yang maha dahsyat tersebut tersebar dengan kecepatan luar biasa, lebih cepat dari cahaya dan melebar ke seluruh penjuru alam semesta.

Bintang Dan Atom

rumpibanget.com

Tahukah anda apa yang bisa terbentuk ketika atom Hidrogen berkumpul berkat gaya gravitasi antar mereka sendiri? Ya, salah satu hasilnya adalah bintang Hidrogen, dimana salah satunya adalah matahari kita, bintang yang terbentuk dari atom Hidrogen yang berkumpul.
[post_ads]
Ketika sudah menjadi bintang Hidrogen -yang sebetulnya hanyalah sebuah bola gas raksasa saja-, maka bagian pusat dari bola akan memiliki konsentrasi tinggi dan menghasilkan tekanan dan panas yang luar biasa di dalamnya. Adanya tekanan ini akan mengakibatkan terjadinya reaksi fusi dari atom Hidrogen menjadi atom Helium, dengan efek samping berupa suhu panas dan energi yang luar biasa besar. Seiring dengan waktu, seluruh atom Hidrogen yang bisa dibakar menjadi helium akan habis, dan bintang tersebut akan mati.

Matinya sebuah bintang bisa berujung macam – macam, tergantung seberapa besar bintang tersebut. Bisa berevolusi menjadi bintang Helium yang ukurannya lebih kecil, bisa juga meledak menjadi sebuah supernova

Supernova adalah ledakan luar biasa besar yang terjadi saat sebuah bintang mati. Karena besarnya energi yang terlempar, reaksi inti atom – atom yang tadinya berada di bintang tersebut pun terjadi secara besar – besaran, disinilah berbagai reaksi nuklir melahirkan partikel – partikel berat seperti logam, karbon, besi dan lain – lain, diluar daripada atom Hidrogen, Helium dan partikel – partikel ringan lainnya yang sudah terlahir sejak Big Bang maupun reaksi nuklir di dalam sebuah bintang ketika masih hidup.[next]

Planet

rumpibanget.com

Milyaran tahun setelah Big Bang dan bintang – bintang pertama di alam semesta ini lahir, mati, meledak dan berbagai nasib lainnya, alam semesta kita mulai kaya akan elemen. Dari tadinya hanya ada Hidrogen, sekarang telah muncul elemen – elemen lain dari Oksigen sampai Karbon dan Silikon.

Elemen – elemen ini mengambang begitu saja di ruang hampa. Sebagian elemen yang mengambang di sekitar sebuah bintang akan mengorbit pada bintang tersebut. Elemen – elemen ini tersedia dalam bentuk awan gas kecil sampai kepada batu – batu dengan komposisi yang berbeda – beda, untuk mudahnya kita sebut saja benda – benda tersebut sebagai benda angkasa.

Benda – benda angkasa yang beredar pada jarak orbit yang berdekatan dari planet induknya cepat atau lambat akan bertabrakan satu sama lain. Dan setelah bertabrakan, karena adanya gaya gravitasi maka keduanya justru akan menempel dan bergabung menjadi satu.

Dalam proses beberapa ratus juta atau bahkan milyar tahun, akan terjadi kestabilan, dimana untuk jarak orbit yang kurang lebih sama dari sebuah bintang, akan terbentuk satu buah benda angkasa yang cukup besar dengan berbagai macam elemen yang tersusun di dalamnya. Benda – benda yang sudah cukup besar dan relatif orbit dan bentuknya stabil inilah yang kita namai sebagai planet.


Planet pun bermacam – macam, ada yang elemen pembentuknya sebagian besar adalah elemen padat, sehingga melahirkan planet berbahan dasar batu, seperti bumi. Ada juga yang sebagian besar adalah gas, misalnya Jupiter.

Sementara itu, benda – benda angkasa lain yang belum membentuk planet akan tetap mengorbit pada bintang yang bersangkutan. Salah satu bentuk dari benda – benda angkasa ini kita kenal dalam bentuk asteroid.

Bumi, Atmosfer dan Air

rumpibanget.com

Bumi pada dasarnya adalah planet yang berbahan dasar padat, dimana inti dari bumi adalah besi cair super panas. Seiring dengan stabilnya ukuran bumi, elemen – elemen yang ada di bumi pun tersusun berdasarkan beratnya. Elemen – elemen berat seperti logam akan turun ke dasar bumi, sementara gas – gas akan terlempar ke bagian atas. Pada mulanya, bumi berbentuk seperti bola lahar yang super panas di seluruh permukaannya.

Gas – gas inilah yang kemudian membentuk atmosfer dari bumi, dimana salah satu penyusunnya adalah uap H2O alias air. Beberapa ratus juta tahun setelah bumi terbentuk, dan semua elemen berat telah turun ke dasar bumi, suhu di permukaan bumi menurun, sehingga uap air yang ada di atmosfer pun bisa turun menjadi hujan.

Turunnya hujan ini menyebabkan suhu bumi menurun lebih rendah lagi, sehingga lebih banyak hujan yang terjadi. Kejadian ini berlangsung terus menerus selama beberapa ratus juta tahun sehingga suhu bumi pun stabil di permukaan, meskipun masih sangat panas di intinya sampai sekarang.[next]

Makhluk Hidup

rumpibanget.com

Air dan lautan adalah komponen penting bagi sejarah bumi. Berkat adanya air di permukaan bumi ini, berbagai reaksi kimia menjadi mungkin terjadi. Bumi telah memiliki berbagai macam elemen, juga terdapat berbagai energi yang menyambar permukaan bumi mulai dari petir hingga radiasi, dengan adanya air, berbagai reaksi kimia pun bisa terjadi. Dan salah satu elemen yang bisa terbentuk berkat adanya air di permukaan bumi adalah Asam Amino.

Ya, asam amino adalah bahan dasar dari protein, dan berbagai asam amino bisa dibentuk hanya dengan bahan dasar yang ada di bumi, petir, radiasi dan air sebagai perantara saja. Singkat cerita berbagai asam amino ini terus bermunculan berkat reaksi – reaksi yang ada hingga akhirnya antar asam amino pun bereaksi dan terbentuklah berbagai protein.

Dan di antara protein – protein itu terus menerus terjadi reaksi selama jutaan tahun hingga terbentuklah sebuah molekul bernama RNA.

Singkat cerita, RNA adalah bahan dasar kehidupan paling primitif, karena RNA adalah sebuah bahan yang mampu menyalin dirinya, sebuah sifat perkembang biakan yang menjadi ciri khas makhluk hidup di bumi dibandingkan dengan benda – benda tidak hidup di sekitarnya. Hingga saat ini RNA masih menjadi inti dari kehidupan virus.

Selanjutnya, selama beberapa milyar tahun, bumi dipenuhi oleh benda – benda berintikan RNA dan variannya yang mampu mereplikasi dirinya sendiri. Benda – benda ini begitu bervariasi dan dengan berbagai reaksi yang ada, lama – kelamaan struktur benda – benda ini semakin rapi dan menjadi sebuah sel. Sel – sel ini pun lama – kelamaan berevolusi membentuk sebuah kehidupan bersama dalam bentuk multisel setelah milyaran tahun.

Evolusi

rumpibanget.com

Keberadaan organisme dengan banyak sel adalah babak baru yang luar biasa bagi apa yang ada di bumi. Berbeda dengan evolusi dari asam amino hingga menjadi sel stabil yang memakan waktu milyaran tahun, hanya dalam beberapa ratus juta tahun sejak organisme di mampu membentuk struktur multi sel, evolusi berhasil melahirkan spesies yang trilyunan kali lebih besar dari sebuah sel dalam bentuk reptil – reptil raksasa yang kita kenal sebagai Dinosaurus.

Selama ratusan juta tahun, Dinosaurus merajai permukaan bumi sebelum akhirnya punah 65 juta tahun yang lalu. Punahnya dinosaurus memberikan kesempatan bagi hewan – hewan yang lebih kecil untuk bisa berevolusi karena kehidupannya tidak lagi terancam mati karena dimakan atau terinjak Dinosaurus, dimana salah satunya adalah para Mamalia.

Mamalia berevolusi dengan cepat, dalam beberapa puluh juta tahun saja, telah muncul banyak sekali spesies hasil evolusi mamalia, mulai dari tikus sampai jerapah.

Manusia

rumpibanget.com

Salah satu hasil evolusi mamalia adalah kelompok primata, dimana kelompok ini kelak akan melahirkan spesies yang mendominasi bumi, yaitu manusia. Secara waktu manusia baru berada di bumi ini sekitar 200 ribu tahun. Kalah jauh dibanding waktu yang diperlukan untuk evolusi dari mamalia pertama hingga muncul manusia yang sekitar 65 juta tahun. Apalagi jika dibandingkan masa kekuasaan Dinosaurus yang ratusan juta tahun, atau malah evolusi dalam bentuk sel yang memakan waktu 3 milyar tahun lebih.

Tapi manusia memiliki sebuah ciri khas dibanding primata lain, yaitu struktur mulut yang mampu menghasilkan suara yang sangat beragam. Kita tidak sekedar bisa menggonggong atau mengeong, kita bisa menghasilkan ribuan suku kata dari mulut kita.

Hal ini adalah kunci keberhasilan manusia menaklukkan bumi: Komunikasi.

Berkat mulut yang mampu menghasilkan berbagai macam suara, komunikasi kita tidak terbatas pada menyampaikan emosi dasar seperti marah, lapar, takut atau ingin bercinta saja, kita mampu bercerita dengan mulut kita. Selanjutnya cerita berujung pada pertukaran informasi, dan pertukaran informasi berujung kepada pengayaan pengetahuan.

Dari situlah manusia berhasil menguasi dunia, berkat komunikasi, budaya terbangun, pengetahuan terbagi dan bisa dikembangkan. Hanya dalam 200 ribu tahun, tanpa harus berbadan besar, kita berhasil mendominasi bumi.

COMMENTS

BLOGGER

Yuk Tonton YouKuper Channel Di YouTube

Biar Kamu Gak Kuper
Name

Aa Gatot Aa Gym Abdul Rozak Adele Adrenalie Advertising Afie Kalla Agama Ahmad Dhani Ahok Air New Zealand Air Terjun Aktivis Al-Quran Alam Semesta Alami Alay Aldi Taher Alergi Alibaba Alis Tebal Amel Alvi Amerika Amerika Serikat Aming Ammar Zoni Anak Anak Kecil Anak Kucing Anak Muda Indonesia Anak Perempuan Anang Hermansyah Andik Vermansyah Andika Kangen Band Andika Pratama Andita Lela Karlita Andre Android Anggita Sari Anggrek Bulan Anjali Anti Mainstream Aplikasi Argentina Ariel Noah Ariel Peterpan Ariel Tatum Ario Kiswinar Teguh Aron Ashab Arsitektur Bangunan Art Artis Asesoris Rumah Ashanty Atlet ATM Aura Kasih Aurel Hermansyah Austria Awkarin Ayu Ting Ting B.J.Habibie Babi Ngepet Baby Margaretha Badak Indonesia Badak Sumatera Baju Muslim Bakteri Bali Ballon d'Or Bandung Bank Barcelona Bastian Steel Batas Negara Bayi Bayi Menangis Belgia Bella Sofie Berat Badan Berat Badan Ideal Berlibur Bersepeda Bersyukur Big Bang Billy Syahputra Bisnis Bitcoin Black Ultra Plus Blogging Bokong Bolivia Bolliwood Bra Bridgestone Buah Budaya Bukit Bulan Madu Bulan Puasa Bulu Tangkis Bumi Bung Karno Bunga Bunga Kelelawar Bunga Sakura Bunga Zainal Burung Burung Jalak Butet Cacing Pita Caisar 'YKS' Campak Candi Borobudur Cantik Captain America Carina Linn Casey Stoner Cat Dinding Celana Dalam Celine Evangelista Cerdas Cerita Chef Aiko Chelsea Islan Chili China Chong Wei Cinta Laura Ciuman Copa America Cristiano Ronaldo Cumi-Cumi Cupi Cupita Daddy Yankee Daging Mentah Dangdut Dani Pedrosa David Beckham Debu Deddy Corbuzier Dekorasi Ruangan Demi Rose Demian Desain Desain Bangunan Desain Minimalis Desain Ruang Membaca Desain Rumah Despacito Developer Developer Indonesia Dewasa Dewi Persik Dewi Soekarno Diabetes Dian Sastro Diet Dini Indrayani Diss DJ Butterfly Drag Race Dramatis Dress Duduk Duo Serigala ECU Magneti Marelli Egi John Eko DJ Entrepreneur Euro 2016 Evelyn Evolusi Exoplanet Extreme Facebook Facebook Ads Facebook Tool Facial Fahrani Pawaka Empel Fashion Femmy Permatasari Festival Film Trailler Final First Travel Flora & Fauna Fobia Formula 1 Foto Fotografi Fresh Gadget & App Gading Marten Gagal Gambar Game Game Developer Game Online Gangnam Style Psy Ganja Gareth Bale Gaston Castano Gaun Gendut Gerakan Sholat Germany Ghaib Gianluigi Buffon Glenn Fredly Google Map Google Street View Goresan Gossip Goyang Itik GP Argentina 2015 GP Jerman Gunung Gurita Guru Gusnur Hadist Hamish Daud Hantu Haram Harga Rokok Hewan Hindu Hoax Hologram 3D Home Coming Hot Hotel Alexis Hotman Paris Hungaria Ibrahimovic Ibu Hamil Ibu Rumah Tangga Ikan Paus Ilmu Hitam Imagine Cup 2016 Implan India Indonesia Indonesian Idol Indri Barbie Inovasi Inspirasi Rumah Instagram Interior Minimalis Interior Ruangan Inul Daratista Invite Fanspage Invite Group iPhone Ir Soekarno Irfan Bachdim Iron Man Irwansyah Islam Istri Pertama Italia Jakarta Jaman SMA Jamur Jamur Tiram Jantung Jarvis Jas Hujan Jawa Timur Jelajah Jenis Kelamin Jepang Jerapah Jerman Jessica Iskandar Jessica Mila Jet Li Joe Taslim John Cena Jorge Lorenzo Julia Perez Juventus Kalimantan Kanker Karang Gigi Karla Jacinto Karya Seni Katy Perry Kaya Raya Kecantikan Kecelakaan Kedewasaan Keindahan Alam Keluarga Kematian Kemerdekaan Kenya Keramas Keranda Terbang Kesehatan Gigi Kesehatan Ginjal Kesehatan Hidung Kesehatan Jantung Kesehatan Kuping Kesehatan Organ Reproduksi Kesehatan Rambut Kesehatan Usus Kezia Karamoy Kiamat Kim Kardashian Kitchen Set Kodok Kolam Renang Komedian Komedo Komeng Kompas TV Komunitas Kontoversial Kosmetik Kreatif Kriminal Krisdayanti Kroasia Kucing Kuliner Kulkas Lahan Kecil Lanjut Usia Laudya Cynthia Bella Layar Lemari Dapur Minimalis Lenovo Lewandowski LGBT Lia Chabe Klungkung Libido Lin Dan Lionel Messi Lipsync Lombok Lovebird Lucky Hakim Lucu Ludah Luis Fonsi Luna Maya Lupus Madura Madura United Mahasiswa Maia Estianty Majalah MakeUp Malaysia Maleficent Manchester United Mandi Manuel Neuer Manusia Marc Marquez Marcella Zalianty Maria Ozawa Mario Teguh Maroko Marshanda Marvel Maskapai Penerbangan Maverick Vinales Mawar Hitam Mbah Mijan Media Sosial Meggie Diaz Meksiko Meledak Mencuci Baju Meninggal Dunia Mesin ATM Mesra Mesut Ozil Mia Kang Mia Khalifa Michelin Mick Doohan Microsoft Mie Instan Mike Mohede Miley Cyrus Miniatur Bangunan Minum Air Hangat Mishca Chandrawinata Misteri Mitos Miyabi Mobile Game Model Montegi Motif Kayu Moto GP MotoGP 2016 MotoGP 2017 Movistar Yamaha Muay Thai Musim Dingin Nadia Vega Nagita Slavina Najwa Sihab Nangka NASA Nenek Neraka Neymar Jr Ngeres Niagara Nicky Minaj Nikita Mirzani Nikita Willy Nikki Bella Nou Camp Nyangkut Olahraga Old Trafford Olga Syahputra Olimpiade Olla Ramlan Online Game Operasi Plastik Orang Gila Orang Pintar Orang Tua Orgasme Orlando Bloom Otak Outdor Pacar Pacaran Pakistan Pamela Safitri Panas Dalam Pantai Paprika Paranormal Ulfa Parkir Parsel Paru-paru Basah Pasanagan Kekasih Pasta Payudara Peliharaan Pembunuhan Pemuda Indonesia Pendaki Gunung Pendidikan Karakter Penelitian Pengobatan Pengusir Nyamuk Penyakit Penyakit Rambut Penyanyi Perawatan Perbankan Perkosa Pernikahan Perokok Perpustakaan Persib Pertamina Peru Pesbukers Pesugihan Pevita Pearce Photography Piranha Pizza Planet Playstation 4 PNS Pokemon Go Pokemon Spy Polandia Polisi Politikus Ponsel Pintar Portugal Powerbank Pramuka Prewedding Pria Prilly Latuconsina Prisia Nasution Prostitusi PSK Pusaka Qandeel Baloch Rachel Racun Raffi Ahmad Rahma Azhari Raisa Ramadhan Ramalan Rambut Botak Rambut Rontok Ranting Pohon Rapper Real Madrid Rekor Republik Ceko Reza Artamevia Reza Rahadian Rhoma Irama Ria Ridwan Kamil Rio Haryanto Ritual Robby Abbas Rocker Rokok Rokok Elektrik Romantis Roro Fitria Roy Marten Ruang Dapur Ruben Onsu Rumah Rumah Minimalis Rusia Ryuji Utomo Sahabat Sakit Samsung Galaxy S6 Samsung Galaxy S7 Sana Saeed Sandiaga Uno Sangkar Burung Sarah Azhari Sarah Wijayanto Sarapan Sayur Search Engine Seattle Sehat Sejarah Seksi Seksualitas Sel Telur Selebgram Selebritis Selena Gomez Sepakbola Seram Serangga Sex Sexy Shampo Sholat Sianida Sindrom Singapura Sinta Bachir Siput Sky Burial Smack Down Smartphone Smokey Cat Eye Sophia Latjuba Sorban Spanyol Sperma Spider-Man SpiderMan Sports Stadion Star Trek Beyond Star Wars Stefan William Struk Suami Istri Sukses Suku Primitif Sule Sumenep Supercell Surga Susan Sameh Suster Suzuki Ecstar Swedia Syahrini Taman Taman Labirin Tanaman Tasya Kamila Tata Janeta Tata Surya Taufik Hidayat Tebing Teknologi Teliga Telinga Teman Tentara Terancam Punah Terminal 3 Ultimate Teuku Wisnu The Doctor The Voice Kids Indonesia Tiara Dewi Tibet Tidak Senonoh Tidur Tilang Tips TKW Tom Holland Tontowi Tour Tradisi Tradisional Travel Trekking Tren Trypophobia Tukul Arwana Tumbuhan Tumbuhan Karnivora Tumor Turki Tuyul Twitter Tyas Mirasih Uban Unik Universe Universitas Brawijaya Upil US Ustadz Ustadz Syam Uus Valentine Valentino Rossi Varises Via Vallen Vicky Prasetyo Vicky Shu VietJet Vietnam Virus Virus Zika Vitalia Sesha Wahana Permainan Wajah Wales wallpaper 3D Wallpaper Ruangan Wanita Warung Kopi Wasiat WhatsApp Windows Phone Wirausaha Wisata WWF Xiaomi Redmi 3 Yahoo! Yana Zein YouKuper Young Lex YouTube YouTuber Yuki Kato Zaskia Gotik Zaskia Sungkar
false
ltr
item
Rumpi Banget: Inilah Proses Terbentuknya Alam Semsta Mulai Dari Big Bang Sampai Manusia
Inilah Proses Terbentuknya Alam Semsta Mulai Dari Big Bang Sampai Manusia
https://1.bp.blogspot.com/-JlQNKrb9wFk/WLZhUlADZ6I/AAAAAAAAGRM/0w-xDYH5CroAW7ztuBg-tl935-KlShiTgCLcB/s640/1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JlQNKrb9wFk/WLZhUlADZ6I/AAAAAAAAGRM/0w-xDYH5CroAW7ztuBg-tl935-KlShiTgCLcB/s72-c/1.jpg
Rumpi Banget
http://www.rumpibanget.com/2017/03/inilah-proses-terbentuknya-alam-semsta.html
http://www.rumpibanget.com/
http://www.rumpibanget.com/
http://www.rumpibanget.com/2017/03/inilah-proses-terbentuknya-alam-semsta.html
true
6675952127896832729
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy